Perkembangan Teknologi dan Perangkat
October 06, 2017
BAB I
SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI
1. Sejarah Teknologi Informasi
Pada awal sejarah,
manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa
memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain
tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka
informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa
disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang
melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini
bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang
ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada
sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi
yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara
penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu
gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau
dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan
alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman
informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi,
komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang
lebih luas dan lebih lama tersimpan.
2. Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer Generasi
Pertama
Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah
komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep
pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman.
Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan
lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.
Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya,
central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin
pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer.
Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah
“machine language”.
Komputer Generasi Kedua
Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah
transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan
ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer
pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer
generasi kedua.
Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah
telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan
generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua
berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
Komputer Generasi Ketiga
Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat
panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian
seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada
1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang
membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil
yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.
Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun,
pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan
mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.
Komputer Generasi Keempat
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC
kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba
melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat
menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC
muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak
berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke
mana-mana, yaitu Laptop.
3. Perangkat Komputer
a. Perangkat Lunak
adalah istilah umum untuk
data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer,
dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh
komputer. Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat
digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
Sistem Operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna
dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux,
Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur
eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori,
serta instalasi software.
Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat
lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan
suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat
lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak
secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas
yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah
pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
b. Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer,
dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di
dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan
instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Berikut adalah
beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe
processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti
dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang
dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
4. Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen
elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat
dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard
milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan
spesifikasi PC IBM.
5. RAM
RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang
berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita
bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan
membaca data.
6. CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide
Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk
IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap
menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.
7. Konektor Casing
Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar
dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis
Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar
prosesor bisa bekerja.
8. Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device,
karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar
yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data
ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi.
9. Power Supply
Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan
listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
10. Harddisk
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang
menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan
pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama
tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan
rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan
4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas
750 GB.
11. Kipas (Pendingin)
Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut
pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk
mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI
a. Bidang Pendidikan
Pernahkah terpikir olehmu bahwa suatu saat kamu belajar
tanpa harus pergi ke sekolah? Apakah kamu pernah mendengar istilah home
schooling? Itulah jawaban dari pertanyaan tersebut. Salah satu metode belajar
di home schooling adalah metode belajar jarak jauh melalui internet atau sering
disebut dengan e-Learning. Kamu dapat berinteraksi dengan gurumu tanpa harus
bertatap muka langsung yakni melalui diskusi online. Kamu dapat mempelajari
suatu topik mata pelajaran dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan gurumu
melalui internet.
Perpustakaan online saat ini juga banyak disediakan melalui
media internet. Kamu dapat melihat isi perpustakaan di tempat lain tanpa datang
langsung ke perpustakaan tersebut. Jika kamu mengalami kesulitan dalam
mengerjakan tugas dari suatu mata pelajaran, jangan segan-segan menggunakan
internet untuk mengatasi kesulitanmu itu.
b. Bidang Ekonomi
Pasar tradisional, supermarket, swalayan, sampai mal
merupakan tempat bertemunya penjual dengan pembeli untuk melakukan transaksi.
Namun, pernahkah terpikir olehmu ketika kamu sibuk sehingga tidak ada waktu
untuk pergi berbelanja sementara kamu sangat membutuhkan suatu barang? Apa yang
akan kamu lakukan? Nah, pada saat seperti itulah kamu membutuhkan jasa penyedia
dan pengantar barang-barang yang kamu butuhkan.
Melalui internet, jasa tersebut sudah banyak tersedia.
Layanan ini dinamakan e-comerse (Electronic Comerse) atau perdagangan
elektronik. Kamu dapat membeli barang tanpa harus pergi ke toko atau pasar.
Internet memungkinkan pihak yang terlibat transaksi dapat melakukan komunikasi
jarak jauh dengan biaya yang relatif murah. Cara pembayarannya pun sangat mudah
dengan transfer melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau menggunakan kartu
kredit ( Credit Card). Selanjutnya dalam jangka waktu yang sudah disepakati
barang akan dikirim.
c. Bidang Pertanian
Saat ini bidang pertanian juga menggunakan TIK. Departemen
Pertanian telah memanfaatkan internet sebagai sarana untuk menyebarkan
informasi ke seluruh petani
di Indonesia. Seperti yang terjadi saat ini, petani
Indonesia dihadapkan dengan banyak
kendala. Mulai dari lahan, musim, hama, wabah penyakit,
pupuk, bibit, bahkan bencana
alam. Kendala-kendala tersebut berbeda dari satu daerah
dengan daerah yang lainnya.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, selain terjun
langsung ke lokasi, Departemen
Pertanian juga menyediakan situs yang memuat segala
informasi yang dibutuhkan para petani di Indonesia. Informasi yang termuat di
situs tersebut diantaranya, kiat bertani di lahan kering, teknologi pertanian yang
tepat guna, pemakaian pupuk yang tepat, dan tanaman yang laku di pasaran.
d. Bidang Politik
Fasilitas TIK yang diwakili dengan adanya internet membuat
semuanya menjadi sumber informasi. Kamu dapat menuangkan gagasan dan pendapatmu
dalam bentuk teks, gambar, suara, atau gabungan dari ketiganya. Hal yang kamu
ungkapkan tersebut dapat menjadi sumber informasi bagi orang lain. Bahkan,
pendapat kamu secara tidak langsung menjadi syarat dasar demokrasi. Masih
ingatkah kamu bahwa syarat demokrasi adalah bebas mengemukakan pendapat?
TIK juga mempunyai peranan dalam proses demokrasi. Misalnya
pemilihan kepala
daerah (pilkada) atau pemilihan umum (pemilu). Banyak
lembaga survei melakukan
sistem penghitungan suaranya dengan sistem quick count.
Melalui sistem itu kamu
dapat melihat hasil proses penghitungan secara cepat.
Proses pemilu pun juga menggunakan kemajuan TIK. Mulai dari
pendaftaran partai politik, pendaftaran calon pemilih, kampanye, sampai
pendaftaran caleg menggunakan
TIK. Pernahkah kamu membayangkan seandainya pemilu sekarang
dilakukan secara
manual tanpa menggunakan TIK? Masih mungkinkah dilakukan
dengan cepat sesuai
jadwal pemilu yang ditetapkan KPU dengan begitu banyaknya
calon partai peserta
pemilu, caleg, dan calon pemilih? Nah, sekarang kamu
mengerti begitu bermanfaatnya
TIK dalam bidang politik. Saat ini lembaga survei kita pun
sudah menerapkan sistem
quick count dalam penghitungan hasil pemilu.
e. Bidang Kesehatan
Fasilitas TIK digunakan juga dalam bidang kesehatan. TIK
sangat bermanfaat untuk
pengobatan jarak jauh. Misalnya, puskemas di daerah
terpencil dapat memanfaatkan TIK untuk berkonsultasi, diagnosis, dan pengobatan
dengan dokter di kota. Dokter-dokter di daerah terpencil juga dapat
meningkatkan keterampilan dan pengalaman profesional teman sejawatnya dengan
menggunakan TIK.
Bahkan, sekarang sudah ada situs yang dapat mengukur
kesehatanmu. Setelah mengikuti instruksi yang ada dalam situs tersebut, kamu
dapat mengetahui kesehatanmu. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter
melalui internet, misalnya situs di bawah ini. Kamu dapat melihat informasi
seputar pengobatan herbal. Saat ini beberapa rumah sakit juga memanfaatkan
internet untuk memuat situs mereka.
f. Bidang Pemerintahan
Pentingnya teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya
terlihat di dunia bisnis saja.
Di bidang pemerintahan, peran teknologi informasi dan
komunikasi juga sangat penting.
Kegiatan-kegiatan pemerintahan banyak memanfaatkan teknologi
ini. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pemerintahan
dikenal dengan istilah e-government atau e-gov ( electronic government).
Beberapa pemerintah, baik propinsi maupun kabupaten telah memanfaatkan
teknologi ini. Begitu juga dengan beberapa departemen. Teknologi informasi dan
komunikasi ini sangat penting dalam menjalin hubungan pemerintah dengan
pihak-pihak lain.
Pemanfaatan teknologi dan komunikasi di bidang pemerintahan
mencakup tiga hubungan yang dikenal, yaitu : G2C ( Government to Citizen), G2B
( Government to Business), dan G2G ( Government to Government).
Government to Citizen adalah pemanfaatan teknologi informasi
dan komunikasi untuk
melayani kebutuhan masyarakat luas. Misalnya saja kantor
pelayanan pajak. Untuk membayar pajak, biasanya si wajib pajak harus mempunyai
NPWP. Pernahkah kamu mendengar NPWP?
NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak. Pendaftaran NPWP saat
ini dapat dilayani secara online. Situs yang melayaninya adalah
www.pajak.go.id. Government to Business adalah pemanfaatan teknologi dan komunikasi
untuk melayani kebutuhan dunia usaha. Misalnya saja permintaan data-data
statistik yang dibutuhkan oleh dunia usaha. Situs yang menyediakan layanan ini
adalah www.bps.go.id.
Government to Government adalah pemanfaatan teknologi dan
komunikasi untuk melayani kebutuhan antar pemerintah seperti lembaga
pemerintahan lain atau departemen lain.
g. Bidang Kebudayaan
TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan
kebudayaan bangsa kita. Kamu dapat membuat situs yang memuat foto-foto kesenian
tradisional, tempat pariwisata, dan hasil-hasil kerajinan bangsa kita. Jika
situs tersebut diakses di luar negeri maka secara tidak langsung kamu
mempromosikan budaya bangsa kita. Jika budaya kita banyak dikenal oleh dunia
internasional, tentu tidak sedikit keuntungan yang kita peroleh. Diantaranya
banyak para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia karena ketertarikan mereka
pada kebudayaan dan keindahan negeri kita tercinta. Selain itu, produk-produk
hasil karya bangsa sendiri juga lebih dikenal di dunia internasional. Tentu
saja hal ini dapat meningkatkan ekspor dan menambah devisa negara kita. Berikut
ini contoh situs yang mempromosikan kebudayaan melalui dunia pariwisata.
h. Bidang Tenaga Kerja
TIK merupakan sarana yang bagus dalam penyediaan informasi
pekerjaan bagi yang
membutuhkan. Apakah kamu mempunyai saudara yang sedang
mencari kerja atau mencari karyawan? TIK dapat membantu memecahkan permasalahan
tersebut. Ada banyak situs yang disediakan bagi pencari kerja maupun pencari
karyawan. Contoh situs para pencari kerja maupun karyawan adalah www.karir.com
atau di www.jobsdb.com. Beberapa situs penyedia informasi kerja sudah cukup
lama dan menjadi andalan untuk para job seeker (pencari kerja) untuk
mendapatkan pekerjaan yang mereka minati.
BAB II
PERKEMBANGAN
PERANGKAT KERAS DAN LUNAK
1. Pemahaman Komponen Perangkat Keras
a. Input Device
Input Device adalah Perangkat masukan artinya perangkat
keras yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah kedalam mesin komputer
yaitu processor. Detail Contoh dari Input Device ialah :
Keyboard
Mouse
TouchPad
Scanner
Joy Stick
Light Pen
b. Process Device
Process Device adalah alat untuk memproses data – data yang
telah di kirim oleh alat input, dan kemudian di terjemahkan sesuai dengan
perintah yang di berikan.. Detail Contoh dari Process Device ialah
Processor
RAM
c. Output Device
Output Device adalah alat untuk menampilkan data – data
hasil proses yang di lakukan oleh processor.. Data data tersebut bisa berupa
Visual, Gambar dan Audio. Detail Contoh dari Output Device ialah :
Monitor
Printer
Speaker
d. Storage Device
adalah alat untuk menyimpan data – data hasil
proses dari processor. Namun data – data tersebut telah berubah menjadi file bisa
berupa video, mp3, documen dan aplikasi..Detail Contoh dari Storage Device
ialah
Hard disk
Flash disk
CD/DVD
Floppy Disk
2. Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
a. Evolusi Perangkat Lunak
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal
1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap
pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi softwareterbatas
untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan
software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan
tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.
Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa
saling berbagi. Ciri ini menunjukkan
ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer
Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real
Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa
dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta
menghasilkan output yang diinginkan.
Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di
pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan
tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju
sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah
menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer
sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat
keras dari suatu komputer harganya sangat murah. Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah
sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software
pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990
sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari
pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer
sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.
TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga
perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik
manusia. Terbukti dengan adanya penemuan
kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy.
Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era
ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman
sudah berorientasi obyek (OOP).
b. Klasifikasi Perangkat Lunak
Sistem Operasi ( Operating System)
Sistem opersi
yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sisitem kerja yang mendasar
sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori,
penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai
penghubung antar manusia (User) dengan perangakat keras (Hardware) dan
perangkat lunak(Software) yang digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi
adalah :
Menyimapan program dan aksesnya.
Membagi tugas didalam CPU.
Mengalokasikan tugaas-tugas penting.
Merekam sumber-sumbeer data.
Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan
menadapatkan data.
Memeriksa kesalahan sistem.
Multitugas pada OS, Windows98, Windows XP, Windows 7.
Memelihara keamanan sistem.
Program Aplikasi (Aplicaton Programs)
Proram aplikasi
adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya
program pengolah kata, pengolah lembar kerja, program presentasi, design
grafis, dan lain-lain.
Bahasa Pemrograman
(Programing Utility)
Perangkat lunak
bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan instruksi-intruksi
yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau
prosedur tertentu, agar di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa
pemrograman, yaitu:
Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
Bahasa ini
di sebut juga bahsa mesin (Assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan
kode angka 0 dan 1.
Bahasa tingkat tinggi(High Level Language)
Bahasa ini
termasuk dalam bahasa pemrogramana yang mudah di pelajari oleh pengguna
komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya: BASIC, COBOL, PASCAL,
FORTRAN.
Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa
pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang
beroreintasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP).
Contohnya: Visual Basic, Delphi, Visual C++.
Program Bantu
(Utility)
Perangkat
lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada
hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan
fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file
dan pemeriksaan keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk
(partisi, defrag) dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
SOURCE
0 comments